fajar hw
Pemilu tinggal beberapa hari lagi. Sebagai salah satu warga negara Indonesia yang baik saya akan mengggunakan hak pilih saya dalam Pemilu Legislatif tanggal 9 April 2009 nanti. Seperti kita lihat bersama, baik di media cetak maupun elektronik ramai dibahas mengenai DPT atau Daftar Pemilih Tetap. Yang lagi hangat adalah pengelembungan data DPT dan yang sibuk-sibuk paling berkoar adalah PDI-P khususnya PDI-P Kabupaten Ngawi. Yang menjadi pertanyaan saya adalah kenapa berkoar-koarnya kok sekarang mau mendekati hari H, kenapa kok gak dari dulu-dulu sewaktu diberi kesempatan oleh KPU. Ataupun kalo memang mereka siap tentunya sudah melakukan penelitian dan kajian sudah sebelum pemilu dimulai.Dan Dalam perjalanannya tidak banyak partai yang mempersoalkan walaupun kemaren tangggal 22 Maret 2009 sampai-sampai presiden dan para menteri melakukan rapat mendadak hanya untuk pembahasan DPT plus tentang stimulus.

Memang kasus penggelembungan ini di awali pada proses PILGUB Jatim beberapa waktu yang lalu. Dimana, kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polda Jatim hingga akhirnya menetapkan ketua KPUD Jatim sebagai tersangka, namun seiring waktu Kapolda Jatim diganti dan status tersangka dari Ketua KPUD jatim sudah tidak lagi. Memang permasalahan ini berakibat peneguran Kapolri pada mantan Kapolda Jatim. Sebenarnya klo saya secara pribadi menanggapi, kasus ini tidak perlu sampai dibesar-besarkan seperti sekarang karena langkah-langkah antisipasi bisa dilakukan dan memang KPU pun sudah melakukan langkah-langkah terbaiknya.

Pada dasarnya kita tidak boleh menyalahkan pihak-pihak manapun, karena memang sistem Kependudukan Indonesia masih jauh dari sempurna. Banyak kekurangan yang harus diperbaiki mulai dari rencana Single Identity Number (SIN), pelayanan di kantor kecamatan maupun di Dispenduknya. Masih jauh dari harapan kita agar hal tersebut dicapai karena perlu perbaikan infrastruktur peralatan IT maupun pemutakhiran databasenya. Selain itu perlunya perbaikan mental para aparatur pemerintahan dalam memberikan pelayanan Akta Kelahiran, KTP maupun KK agar kedepannya tercipta sistem database yang bagus.

Tak lupa saya juga menanyakan kepada masing-masing individu apakah dengan pengelembungan DPT apakah yakin dipilih? Tanya dong hati nurani masing-masing Parpol apakah sudah memberikan yang terbaik buat rakyat, apakah sudah mempunyai program yang mengedepankan kepentingan rakyat, apakah mempunyai program yang jelas, terarah, masuk akal dan bisa diukur. Jangan muluk-muluklah.

Semoga Pemilu Legislatif nanti bisa berjalan lancar. Amin.
Label: |
0 Responses

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar. Jangan spam ya..Thanx.