fajar hw
Gerhan atau yang biasa disebut Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan adalah proyek yang digagas oleh pemerintah yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan. Kegiatan ini telah dimulai oleh pemerintah sejak tahun 2004 hingga sekarang. Wakil presiden Jusuf Kalla sendiri pernah berujar bahwa kegiatan ini diupayakan akan ada terus, dan dari informasi awal kegiatan ini berakhir di tahun 2009.
Di dalam kegiatan Gerhan ini ada beberapa pekerjaan : pengadaan bibit, penilaian bibit, penilaian tanaman, rancangan teknis reboisasi, evaluasi dampak gerhan, pekerjaan fisik seperti pembuatan embung dll.
Melihat upaya pemerintah yang konsern terhadap upaya pengembalian fungsi hutan saya sebagai salah satu warga Indonesia sangat cukup salut. Saya sendiri sebenarnya pernah terlibat dalam kegiatan Gerhan sebanyak 2 (dua) kali. Yang pertama adalah kegiatan Penilaian Bibit Tanaman Gerhan.
Adapun berdasarkan pengalaman saya Penilaian bibit tanaman dilakukan utamanya adalah menyeleksi tanaman yang akan diserahkan ke masyarakan di wilayah yang menjadi obyek penanaman gerhan. Pertama kali yang saya lakukan adalah melakukan cek dan klarifikasi terhadap kelengkapan dokumen dari bibit, Misalnya : sertifikat bibitnya, apakah telah disetujui oleh balai sertifikasi atau belum. Hal ini perlu dilakukan karena berpengaruh terhadap harga bibit itu sendiri. Kemudian apakah jumlah bibit yang ditertuang dalam sertifikat itu sesuai dengan yang ada di tempat persemaiannya.
kemudian dilakukan pengecekan awal dipersemaian, hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan teknik bagi Pengada bibit dalam pengelolaan bibit maupun teknik angkut untuk memindah bibit ke daerah yang dituju.
Setelah proses di atas dilakukan, langkah selanjutnya proses pengecekan di lapangan. Di lapangan dilakukan cek ulang terhadap jumlah maupun kualitas bibit yang dikirim ke lokasi. Di sini ada tally sheet yang harus diisi guna untuk melakukan pengecekan yang nantinya harus ditanda tangani oleh kelompok tani maupun petugas penyuluh lapangan.
Setelah ok semua bibit di bagikan untuk ditanam di lokasi yang ditentukan, ada hutan rakyat, hutan reboisasi green belt.
Yang terpenting dari kegiatan ini adalah pemerintah dengan anggaran yang besa mau dan peduli untuk menghijaukan hutan kita yang semakin gundul. Karena masyarakat tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Apalagi tanaman yang ditanam ada mangga, durian, mahoni, sengon, rambutan, jati. Yang semuanya bermanfaat.
Semoga sedikit tulisan ini bisa berbagi
Label: , |
0 Responses

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar. Jangan spam ya..Thanx.